Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Pada Materi Pokok Jamur Di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

LASIBEY, Murtiana Katarina (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Pada Materi Pokok Jamur Di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi diri siswa, namun dalam pembelajaran di sekolah mengalami beberapa persoalan, seperti siswa tidak aktif dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan upaya utnuk meningkatkkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa agar siswa lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Jamur Di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai signikansi yaitu > 0,01. Data hasil belajar siswa juga bersifat homogen dengan nilai signikansi > 0,01. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning yaitu sebesar 35,41 meningkat sebesar 45,21 sehingga menjadi 80,62. Sedangkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung yaitu sebesar 29,59 meningkat sebesar 46,86 sehingga menjadi 76,45. Hasil uji t paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai thitung 14,291 > ttabel 2.074 dengan taraf signifikan 0,05 untuk kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran Discovery Learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada materi pokok jamur di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar, Jamur
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:28
Last Modified: 11 Oct 2019 04:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item