Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus Dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif Pelanggan Pada Jabalmart Swalayan Kefamenanu

TASAU, Marianus B. (2018) Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus Dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif Pelanggan Pada Jabalmart Swalayan Kefamenanu. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (471kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (823kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (375kB)

Abstract

Marianus B. Tas’au (32114019) “ Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus, dan Susana Toko Terhadap Pembelian Impulsif Pelanggan Pada JabalMart Swalayan Kefamenanu” dibawah bimbingan Dra. Sukamti, MM Selaku Pembimbing I dan Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Pembimbing II. Menurunnya jumlah penjualan, diduga karena kurangnya pemberlakuan bauran promosi seperti potongan harga, dan paket bonus sehingga mengurangi pembelian impulsif dari konsumen. Selain itu, suasana toko yang tidak bersahabat juga diduga membuat konsumen tidak begitu loyal dengan Swalayan. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang potongan harga, paket bonus, dan suasana toko dan gambaran pembelian impulsif? 2) Apakah potongan harga, paket bonus, dan suasana toko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap pembelian impulsif? 3) Apakah potongan harga, paket bonus, dan suasana toko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif?. Penelitian dilakukan di JabalMart Swalayan Kefamenanu, dengan populasi adalah semua pelanggan yang melakukan pembelian impulsif dan tidak diketahui jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 28 buah dan dikalikan 5 sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 140 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Aksidental Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SSPS Statistic version 22. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel potongan harga sebesar 74,89%, variabel paket bonus sebesar 77,57%, variabel suasana toko sebesar 81,52%, dan variabel pembelian impulsif sebesar 73,46% di kategori tinggi. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 0,240X1 + 0,468X2 + 0,089X3 . Hasil Uji t menunjukan variabel potongan harga, paket bonus dan suasana toko secara parsial berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Hal ini dikarenakan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,65605. Hasil Uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel potongan harga, paket bonus dan suasana toko berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (33,644>2,67). Nilai koefisien determinan (R2 ) yang dihasilkan sebesar 0,426 yang menjelaskan bahwa besaran kontribusi pengaruh variabel potongan harga, paket bonus dan suasana toko terhadap pembelian impulsif sebesar 42,6% sedangkan sisanya sebesar 57,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada JabalMart Swalayan Kefamenanu, agar memberlakukan potongan harga dan paket bonus terhadap semua barang, dan selalu menjaga suasana toko, agar konsumen dalam melakukan kegiatan belanja selalu merasa nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Potongan Harga, Paket Bonus, Suasana Toko, Pembelian impulsif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 11 Jun 2020 01:39
Last Modified: 11 Jun 2020 01:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item