Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Di SMPK St. Agustinus-Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

MANGUR, Yohanes (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Di SMPK St. Agustinus-Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (546kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (542kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (155kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah dalam kenyataan lapangan menunjukan bahwa banyak siswa kurang berkonsentrasi dan siswa tidak terlibat aktif saat pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu salah satu alternatif untuk mengantisipasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK St. Agustinus- Adisucipto Penfui Kupang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C berjumlah sebanyak 20 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran cooperative script dan kelas VII A berjumlah sebanyak 20 orang yang diberi perlakuan pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dan analisis data secara deskripstif dan inferensial dengan menggunakan analisis covaria (anacova). Data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan kelas yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran langsung dengan nilai signifikan yaitu > 0,05. Data hasil belajar siswa juga bersifat homogen dengan nilai signifikan > 0,05. Dari hasil analisis kovariat hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran cooperative script dan pembelajaran langsung dapat dilihat bahwa nilai F hitung dari kedua model pembelajaran adalah sebesar 22.274 dengan nilai signifikansi 0,00 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan perhitungan rerata nilai hasil belajar siswa pada setiap model pembelajaran dapat diketahui bahwa nilai rerata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran cooperative script secara signifikan lebih tinggi yaitu 79,25% jika dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung yaitu 70,90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran cooperative script dan pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan di SMPK St. Agustinus-Adisucipto Penfui kupang tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, pembelajaran cooperative script, materi pokok dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:38
Last Modified: 11 Oct 2019 04:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item