Belajar Memainkan Ukulele Dalam Mengiringi Lagutebeona-Na Elalui Metode Driil Bagi Pesertadik Minat Musik Di SMK Negeri 2 Kupang Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

MBOY, Feliks Emanuel (2018) Belajar Memainkan Ukulele Dalam Mengiringi Lagutebeona-Na Elalui Metode Driil Bagi Pesertadik Minat Musik Di SMK Negeri 2 Kupang Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
File Abstrak.pdf

Download (738kB)
[img] Text
File BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
File BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
File BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
File BAB IV.pdf

Download (979kB)
[img] Text
File BAB V.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 2 Kupang sangat beragam. Salah satu diantaranya yaitu ekstrakurikuler musik. Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, peserta didik ditempah kemampuannya dalam bermusik, baik menyanyi maupun memainkan alat musik. Belajar memainkan alat musik ukulele merupakan hal barudalam kegiataninikarenaalat musikinijarangdipakaidalamkegiatanini. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya membelajarkan peserta didik memainkan ukulele dalam mengiringi lagu Tebe Ona-Na melalui metode driil bagi peserta didik minat musik di SMK Negeri 2 Kupang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah upaya yang ditempuh guru,dalam hal ini peneliti dalam proses membelajarkan peserta didik untuk mengiringi lagu Tebe Ona-Na melalui metode driil pada pesertadidikminatukulelediSMKN2Kupangdalamkegiatanekstrakurikur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan lapangan. Untuk memperoleh data digunakan teknik observasi,wawancaradandokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kegiatan ini diawali dengan observasi awal kemudian dilanjutkan dengan proses perekrutan, penentuan jadwal latihan, dan dilanjutkan dengan proses pembelajaran. Secara keseluruhan inti dari kegiatan ini ada pada proses pembelajaran, yang meliputi proses awal : dilakukakan pemaparan materi, proses latihan : dibagi dalam dua tahap, yakni latihan secara perkelompok dan latihan secara bersama, dan proses akhir dari kegiatan ini adalah presentasi hasil latihan secara bersama. Masalah yang muncul dalam proses pembelajaran, baik kehilangan tempo, nilai not, kesalahan strumming dan masalah ketidakhadiran peserta didik saat latihan, kurang seriusnya peserta didik saat latihan serta tidak adanya seksi dokumentasi saat proseslatihandisikapipenelitidenganpendekatanyangramah. Berdasarkan hasil penelitian, metode driil yang digunakan dalam pembelajaran ini sangat membantu dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Membangun komunikasi yang baik antara peneliti dan peserta didik maupun penelitidangurusenibudaya jugamendukungjalannya proseslatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Belajar memainkan ukulele, mengiringi lagu “Tebe Ona-Na”, ekstrakurikuler,metodedriil
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:41
Last Modified: 11 Oct 2019 04:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item