Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis Melalui Konseling Kelompok Untuk Pengurangan Kecemasan Siswa Pada Saat Presentasi Mata Pelajaran IPS (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

BABU, Getrudis (2019) Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis Melalui Konseling Kelompok Untuk Pengurangan Kecemasan Siswa Pada Saat Presentasi Mata Pelajaran IPS (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan teknik desensitisasi sistematis melalui layanan konseling kelompok efektif mengurangi kecemasan siswa pada saat presentasi di kelas”?. Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik desensitisasi sistematis melalui layanan konseling kelompok dapat pengurangi kecemasan siswa pada saat presentasi di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra eksperimen. Instrumen penelitian berupa panduan pelaksanaan teknik desensitisasi sistematis melalui layanan konseling kelompok dan pedoman observasi. Analisis data penelitian dilakukan secara individual dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap baseline1 (A1) dan baseline 2 (A2) dan menggambarnya dalam grafik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik desensitisasi sistematis melalui layanan konseling kelompok dapat mengurangi kecemasan siswa pada saat presentasi di kelas VIIA SMP Negeri 10 Kupang, yang dibuktikan dengan perubahan level kecenderungan/trend stabilitas yang cenderung tinggi pada fase baseline 1 (A1), dan cenderung rendah pada fase baseline 2 (A2), setelah dilakukan treatment menggunakan teknik desensitisasi sistematis melalui layanan konseling kelompok. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, hipotesis nol (Ho) ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi efektifitas penerapan teknik desensitisasi sistematis melalui layanan konseling kelompok dapat mengurangi kecemasan siswa pada saat presentasi di kelas VIIA SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020) diterima. Berdasarkan hasil analisis data penelitian di atas maka peneliti mengemukakan saran kepada: 1). Kepala Sekolah selaku penanggung jawab di sekolah agar dapat mendukung dan memfasilitasi program BK yang dibuat oleh guru BK dalam memberikan bantuan kepada siswa untuk dapat mengurangi kecemasan siswa pada saat presentasi di kelas. 2). Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan lebih intensif dalam memberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan siswa pada saat presentasi mata pelajaran IPS di kelas. 3). Guru Mata Pelajaran di harapkan lebih meningkatkan kerja sama dengan guru BK dalam menjalankan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan siswa. 4). Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti dan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan Konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:37
Last Modified: 02 Jul 2020 05:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item