Penerapan Teknik Penguatan Positif Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

INAQ, Maryanti (2019) Penerapan Teknik Penguatan Positif Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah penerapan teknik penguatan positif melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI MIA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik Penguatan Positif melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra – eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument perlakuan yakni pedoman pelaksanaan teknik penguatan positif melalui bimbingan kelompok dan instrument pengumpul data yang digunakan adalah angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai thitungsebesar 9,808 dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 3,143. Dengan demikian berdasarkan kaidah penelitian yakni jika nilai t hitung > t tabel , maka Ho yang berbunyi penerapan teknik penguatan positif melalui bimbingan kelompok tidak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ditolak sedangkan Ha yang diterima berbunyi penerapan teknik penguatan positif melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelasXI MIA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020” Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada:1). Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK, guru mata pelajaran maupun wali kelas untuk melancarkan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif agar dapat membantu siswa meningkatkan motivasi belajarnya. 2). Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik penguatan positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 3). Guru mata pelajaran diharapkan agar dapat memanfaatkan informasi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi yang memungkinkan peningkatan motivasi belajar siswa..4). Siswaagar secara sadar memanfaatkan setiap layanan bimbingan dan konseling dengan teknik penguatan positif yang diberikan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Penguatan Positif, Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:44
Last Modified: 02 Jul 2020 05:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item