Analisis Manajemen Kredit Untuk Meningkatkan Profitabilitas Pada PT. BPR BUD Kabupaten Flores Timur

BAHY, Wahyuni (2019) Analisis Manajemen Kredit Untuk Meningkatkan Profitabilitas Pada PT. BPR BUD Kabupaten Flores Timur. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)

Abstract

Permasalahandalampenelitianiniadalahbagaimana Manajemen Kredit yang diterapkan pada PT. BPR BUD dan bagaiamana analisis Kinerja Kredit yang ada pada PT. BPR BUD. TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiManajemen kredit dan Kinerja Kredit yang diterapkan pada PT. BPR BUD.Jenis datapenelitianadalah data primer dandatasekunder, yang bersifatkualitatifdankuantitatif.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif. Metodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, wawancaradan dokumentasi. Metodeanalisis yang digunakanadalahdengananalisis Manajemen Kredit yang berupa Perencanaan, Penentuan Suku Bunga,dan juga Analisis Kinerja Kredit dengan menggunakan Rasio Keuangan.Berdasarkan hasil analisis dataCash Ratio yang dicapai PT. BPR BUD teah dikatakan likuid karena memenuhi standar yang ditetapkan BI. Standar kesehatan bank yang dietatpkan olehBI sebesar 80% maka LAR yang dicapai PT. BPR BUD dikategorikan dalam kelompok sehat. Tingkat perputaran piutang paling cepat yang dicapai oleh PT. BPR BUD yaitu pada tahun 2016 dengan tingkat perputaran piutang usahanya sebanyak 1,44 kali. Periode rata-rata pengumpulan piutang untuk tahun 2016 merupakan pencapaian tercepat yang dilakukan oleh PT. BPR BUD. Waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan piutang kembali menjadi kas pada tahun 2016 adalah 250 hari.Return On Assetsyang untuk 3 tahun terakhir dikatakantidak sehatlkarena berada di bawah standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia yaitu 5 %.Net Profit Margin dikategorikan kurang sehat karena tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh BI yaitu 17,5%.Prinsip kehati-hatian dalam pemberian kreditharus tetap dilaksanakan secara konsinten dan menjadi komitmen seluruh pimpinan dan karyawan. Pembinaan terhadap debiturjuga harus dilakukan secara berkesinambungan.Selanjutnya komunikasi yang intensif terus dilakukanagar selanjutnya tidak ditemukan lagi kredit macet pada PT. BPR BUD Kabupaten Flores Timur.Untuk tahun 2017 Net Profit Margin yang dicapai olehPT. BPR BUD sebesar 8%, menurun dari tahun sebelumnya yaitu 18% oleh karena itu analisis kinerja kredit juga harus selalu mendapat perhatian dari pihak PT. BPR BUD agar memperoleh laba yang optimal untuk periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kredit, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 06 Jul 2020 05:05
Last Modified: 06 Jul 2020 05:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item