Pengaruh Persepsi Keamanan, Daya Tarik Produk,Dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Online (Grab Bike) Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unwira Kupang

SONBAY, Kristina Alexandra (2019) Pengaruh Persepsi Keamanan, Daya Tarik Produk,Dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Online (Grab Bike) Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unwira Kupang. Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (908kB)

Abstract

Suatu produk jasa yang akan diterima oleh konsumen dan bertahan dalam pangsa pasar jika produk atau jasa tersebut bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan kepuasan, contohnya jasa transportasi online. Grab merupakan platform berbasis jasa transportasi online berhasil meningkat setiap tahun hingga pertengahan 2019. Namun, di Kota Kupang Grab masih dinilai kurang baik dalam beberapa faktor. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana persepsi responden mengenai keamanan, daya tarik produk, gambaran emosi positif dan keputusan menggunakan jasa transportasi online Grab Bike? (2)Apakah persepsi keamanan, daya tarik produk dan emosi positif secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan responden menggunakan jasa transportasi online Grab Bike? (3)Apakah persepsi keamanan, daya tarik produk dan emosi positif secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan responden menggunakan jasa transportasi online Grab Bike? Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis, UNWIRA Kupang yang menggunakan jasa transportasi online (Grab). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 108 responden, yang diambil dengan cara mengambil jumlah indikator 12 dengan skor 9 yang diambil. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Accidential Sampling. Teknik pengambilan dan pengumpulan data dilakukandengan membagikan kuisioner penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan aplikasi SPSS. Hasil analisis deskriptif untuk setiap variabel, yaitu variabel persepsi keamanan (X1) 90,7% kategori sangat baik, variabel daya tarik produk (X2) 83,9%, variabel emosi positif (X3) 81.7%, dan variabel keputusan penggunaan (Y) 81,4% ketiganya dikategorikan baik. Hasil analisis regresi linear berganda dapat diperoleh Y= -0,031 X1 + 0,076 X2 + 0,573 X3. Hasil uji t menyatakan bahwa variabel daya tarik produk dan variabel emosi positif secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Grab. Variabel persepsi keamanan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil uji F menyatakan ketiga variabel secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan menggunakan Grab. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.537 atau 53.7%, sedangkan sisanya 46,3% dipengaruhi variabel lain. Peneliti mengharapkan agar peneliti selanjutnya meneliti variabel lain di luar variabel yang ada dalam penelitian ini. Transportasi Online Grab juga diharapkan dapat meningkatkan kemananannya,selalu memberikan perubahan yang lebih menarik, dan selalu memberikan pelayanan yang baik sehinggga konsumen merasa puas dan senang menggunakan Grab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Keamanan; Daya Tarik Produk; Emosi Positif; Keputusan Penggunaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 08 Jul 2020 05:05
Last Modified: 08 Jul 2020 05:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2756

Actions (login required)

View Item View Item