Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Swasta Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018A

MIGO, Kanisius Ola (2018) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Swasta Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018A. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01. File halaman judul-daftar tabel.pdf

Download (475kB)
[img] Text
File bab I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
File bab II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
File bab III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
File bab IV.pdf

Download (324kB)
[img] Text
File bab V.pdf

Download (95kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi fotosintesis . Masalah pokok pada penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa untuk belajar, siswa kurang serius dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajarn kooperatif pendekatan Student Teams AchievementDivision terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMP Swasta Surya Mandala Kupang tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes dengan menggunakan instrument berupa THB dan lembar pengamatan. Hasil penelitian data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menunjukkan rata-rata ketuntasan perindividu 85,25 dan secara klasikal 90%. Rata-rata ketuntasan proporsi indikator 0,86 dan sensivitas butir soal 0,46 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 95,56 (reliabel), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,51 (sangat baik) dan reliabilitas instrumennya 95,37 (reliabel) Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMP swasta surya mandala kupang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD, fotosintesis, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 12 Oct 2019 01:31
Last Modified: 12 Oct 2019 01:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item