Evaluasi Geometrik Pada Ruas Jalan Ina Bo'i Kota Kupang Propinsi NTT

Rema, Kristoforus G. Edy (2017) Evaluasi Geometrik Pada Ruas Jalan Ina Bo'i Kota Kupang Propinsi NTT. Diploma thesis, Widya Mandira Catholich Univercity.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)

Abstract

Ruas Jalan Ina Bo’i Kota kupang menghubungkan jalan Timor Raya dan Jalan R.A. Kartini Beberapa segmen pada jalan tersebut memiliki kelandaian lebih dari 8% dan panjang landai kritis yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada di Rencana Standar Nasional Indonesia Geometrik Jalan Perkotaan 2004. Kondisi Jalan Ina Bo’i yang memiliki kelandaian >8% menyebabkan kendaraan hanya mampu melaju dengan kecepatan rendah. Kondisi tersebut beresiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan permasalahan diatas dilakukan penelitian untuk menghasilkan hubungan kelandaian jalan dan panjang landai kritis terhadap keselamatan lalu lintas. Metode pengambilan data yang digunakan adalah survai spot speed dan pencacahan volume lalu lintas. Data sekunder berupa data penampang melintang jalan, penampang memanjang jalan, kecelakaan dan data lalu lintas harian rata-rata tahunan. Metode analisis untuk mengetahui hubungan antara kelandaian jalan dan panjang kritis terhadap keselamatan digunakan analisis matematis dengan metode regresi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian hubungan antara kelandaian dan keselamatan menunjukkan bahwa nilai korelasi pada persamaan regresi polinomial Y = 174.222 - 3.827E-013X – 13166.052X2 +3.995E-011 X 3 memiliki nilai R sebesar 0,998. Nilai korelasi tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara kelandaian dan keselamatan. Segmen jalan dengan kelandaian dan panjang landai kritis yang tinggi belum tentu memiliki jumlah kecelakaan yang tinggi. Dari hasil simulasi juga dapat disimpulkan bahwa dengan menurunkan nilai derajat kejenuhan, maka resiko terjadinya kecelakaan akan berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelandaian, Panjang landai kritis, Keselamatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: S.Ptk Damianus Dami
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:34
Last Modified: 02 Aug 2018 04:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2768

Actions (login required)

View Item View Item