Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia Di SMPK St.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

ANGIN, Floriana Palang L. (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia Di SMPK St.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya perubahan kurikulum secara terus menerus dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini menuntut perubahan paradigma bagi para guru dan peserta didik agar lebih berpikir kritis, kreatif, dan memiliki antusiasme yang besar dalam meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik. Tuntutan perubahan paradigma tersebut malah membuat peserta didik merasa bosan dan hanya hadir untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dan tidak memahami materi yang diberikan oleh guru. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh penulis yakni dengan menggunakan salah satu model pembelajaran kognitif yang dikembangkan oleh Jerome S. Bruner (1966) yakni discovery learning berbantuan media audiovisual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan manusia di SMPK St. Theresia Kupang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah non equivalent pretest-posttest control group desain. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif (analisis skor hasil belajar peserta didik, analisis data aktivitas peserta didik dan analisis data keterlaksanaan pembelajaran) dan analisis inferensial menggunakan analisis of covariance one way dan t-test (perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual yakni 81,83 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yakni 72,86. Total rata-rata hasil analisis deskriptif kemandirian belajar peserta didik, model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual lebih besar dari model pembelajaran discovery learning yakni 73,25 > 60,25. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai probabilitas (sign.) 0,000 < 0,01 dan ada pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap kemandirian belajar peserta didik dengan nilai total rerata 73,25. Terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara kelas discovery learning berbantuan media audiovisual dan kelas disvovery learning dengan nilai t hitung 3.594 > t tabel 2000 dengan taraf signifikan 0,01. Model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih berpengaruh daripada model discovery learning, hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai t hitung kedua model adalah discovery learning berbantuan media audiovisual > t hitung discovery learning yaitu t hitung 23.957 > t hitung 17.895 dengan taraf signifikan 0,01. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan manusia di SMPK St. Theresia Kupang tahun ajaran 2017/2018, ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antar dua kelompok belajar dan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual lebih berpengaruh daripada discovery learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,Model pembelajaran discovery learning,Media audiovisual, Kemandirian, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 12 Oct 2019 01:53
Last Modified: 12 Oct 2019 01:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item