Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

SERAN, Sebastianus Evensius (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian terhadap rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor dari luar maupun dari dalam. Diantaranya kurang motivasi diri dalam belajar, jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi sehingga siswa menjadi pasif dalam mengikuti pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang pada materi pokok interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang yang terdiri atas siswa kelas (VII B) berjumlah sebanyak 22 orang yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT dan kelas (VII D) berjumlah sebanyak 22 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatanNHT. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT dan kelas yang tidak diberi perlakuan dengan nilai signikansi yaitu > 0,01. Data hasil belajar siswa juga bersifat homogen dengan nilai signikansi > 0,01.Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatanNHT yaitu sebesar 42,72 meningkat sebesar 31,82 sehingga menjadi 74,54. Sedangkan siswa yang tidak diberi perlakuanmenggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatanNHT mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT yaitu sebesar 29,09 dari 34,31 menjadi 63,40. Hasil uji t pairedsample t-test menunjukkan bahwa nilaithitung 13.218> ttabel 2.074 dengan taraf signifikan 0,05 untuk kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT, maka hipotesis nihil (H0) yang menyatakan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditolak, sehingga hipotesis penelitian (Ha) yang menyatakan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya diSMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, pembelajaran kooperatif, pendekatanNumbered Heads Together, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 12 Oct 2019 01:56
Last Modified: 12 Oct 2019 01:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item