Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

FOUK, Yulita Yeni Rafu (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara positif serta kemampuan yang dimiliki siswa dari suatu interaksi tindak belajar dan mengajar yang berupa hasil belajar intelektual, kognitif, sikap dan hasil belajar motorik. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah adalah guru dalam mengajar belum menerapkan model yang tepat sesuai dengan kurikulum 2013, siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sumber belajar yang belum memadai sehingga siswa lebih banyak mendengarkan guru dari pada belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020 dan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B, Peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yaitu diberikan model problem based learning, sedangkan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran Langsung. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan model problem based learning yakni 80% sedangkan nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran langsunng yakni 79,84%. Aktivitas peserta didik terhadap pelaksanaan dengan model PBL berada pada kategori baik dengan rata-rata reliabilitas adalah 93,44% sedangkan aktivitas peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran langsung dengan rata-rata adalah 93,54%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai probabilitas (sign.) 0,05. Dengan demikian Ha yang mengatakan “ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tahun ajaran 2019/2020.” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan, Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Jul 2020 05:51
Last Modified: 23 Jul 2020 05:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item