Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 17 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

DADI, Leonardus (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 17 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (106kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di SMPN 17 kupang, rendahnya hasil ujian nasional peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu guru kesulitan memberdayakan peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan juga model pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya melibatkan peserta didik, sehingga kurang merangsang peserta didik untuk belajar mandiri dalam menemukan sendiri jawaban dari masalah-masalah dalam suatu materi yang pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil belajar IPA peserta didik. . Berdasarkan permasalahan tersebut maka salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP SMP Negeri 17 Kupang pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data melalui test dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis kemampuan guru dan aktivitas peserta didik, dan statistik inferensial yaitu uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model problem based learning rata-rata pretest 51,2 dan posttest 73,8, N-Gain 0,46 termasuk kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung rata-rata pretest 46,6 dan postest 61,6, N-Gain 0,28 termasuk kategori rendah. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signikansinya 0,000 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak yaitu tidak ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi struktur dan fingsi jaringan pada tumbuhan di SMP Negeri 17 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020 dan hipotesis penelitian Ha diterima, artinya ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMP Negeri 17 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMP Negeri 17 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 Jul 2020 05:16
Last Modified: 24 Jul 2020 05:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item View Item