Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Serta Hubungannya Dengan Aktivitas Manusia Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

NONO, Mersiana Anu (2018) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Serta Hubungannya Dengan Aktivitas Manusia Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena, guru belum dapat menggunakan metode atau pendekatan yang cocok dengan materi yang diajarkan, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu solusi yang di tawarkan untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah Model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization.Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama, di mana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Membelajaran Kooperatif melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran dan kerusakan lingkungan serta hubungannya denga aktivitas manusia Di SMP Surya Mandala Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi danTes. Waktu penelitian bulan Januari 2017, di sekolah SMP Surya Mandala Kupang dengan jumlah siswa 16 orang. Desain penelitian yang digunakan adalahOne Group Pretest-Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata ketuntasan individu hasil belajar siswa mencapai rata-rata 85,93%, dan secara klasikal semua siswa dikatakan tuntas karena tingkat ketuntasannya mencapai 87,5%. Ketuntasan indikator hasil belajar berada pada kisaran0,87% dan sensitivitas butir soal 0,42 ≥ 0,30 (sensitif), sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran.Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 97,78 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,70 (baik), dan reliabilitas instrumenya 96,76 (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Asissted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Serta Hubungannya Dengan Aktivitas Manusiadi SMP Surya Mandala Kupang tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model PembelajaranKooperatif, Pendekatan Teams Assisted Individualization Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Serta Hubungannya Dengan Aktivitas Manusia.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 12 Oct 2019 02:13
Last Modified: 12 Oct 2019 02:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item