Pengaruh Brand Awareness, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online Grabfood di Kota Kupang

TAPATFETO, Nadia Delisia (2019) Pengaruh Brand Awareness, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online Grabfood di Kota Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)

Abstract

Grabfood merupakan salah satu jasa transportasi makanan online yang sudah berdiri sejak tahun 2018 di Kota Kupang. Walaupun berbagai strategi telah dilakukan untuk menarik minat konsumen, namun Grabfood masih belum bisa menjadi pilihan merek transpotasi makanan oleh masyarakat, sehingga pada 3 bulan terakhir (Maret-Mei 2019) pengguna Grabfood mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang brand awareness, promosi, kualitaspelayanan dan gambaran keputusan pengguna jasa transpotasi online Grabfood di Kota Kupang? 2) Apakah brand awareness, promosi, dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna jasa transportas ionline Grabfood di Kota Kupang? 3) Apakah brand awareness, promosi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna jasa transpotasi online Grabfood di Kota Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna grabfood di Kota Kupang yang jumlah penggunanya tidak diketahui dengan pasti. Sampel ditentukan sebanyak 95 orang. Teknik pengambilan sampel secara accidential dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran kategori persepsi variabel Brand Awareness 84.4% kategori, variabel Promosi 82.2%, variabel Kualitas Pelayanan 84.2% dan variabel Keputusan Pengguna Grabfood 83.9% . Berdasarkan analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,799X1 + 0,470X2 + 0,699X3. Hasil uji t menunjukkan variabel Brand Awareness, Promosi dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pengguna Grabfood. Hasil uji F menunjukkan variabel Brand Awareness, Promosi, dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pengguna Grabfood. Hasil koefisien determinasi = 0,699 atau 69.9% di mana 69.9% Keputusan Pengguna Grabfood merupakan kontribusi dari variabel Brand Awareness, Promosi dan Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya, yaitu 30.1%. dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis tersebut, disarankan agar pihak Grabfood mengatur strategi yang lebih baik lagi serta meningkatkan promosi dengan melakukan sosialisasi tidak hanya melalui media sosial tetapi juga menggunakan baliho dan kualitas pelayanan diharapkan pihak grabfood agar lebih peduli terhadap pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Brand Awareness, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:40
Last Modified: 20 Mar 2024 01:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item