Persepsi Followers Kaum Millenial Tentang Informasi Road Safety Pentingnya Lalu Lintas (Studi Kasus Pada Followers Akun Instagram Dibatasi Dari Usia 16 -19 Tahun @Humas Polda NTT)

AMBUWARU, Miranti (2019) Persepsi Followers Kaum Millenial Tentang Informasi Road Safety Pentingnya Lalu Lintas (Studi Kasus Pada Followers Akun Instagram Dibatasi Dari Usia 16 -19 Tahun @Humas Polda NTT). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (297kB)

Abstract

Media sosia muncul sejalan dengan perkembangan teknologi digital. Bentuk dari peralihan ini berdampak pada tergesernya media konvensional untuk mengakses informasi seperti televisi dan surat kabar ke aplikasi media baru seperti jejaring sosial instagram.Salah satu akun instagram yang menampilkan informasi tentang millennial road safety adalah akun @Humasa Polda NTT. Konten yang ditampilkan akun @Humas Polda NTT dapat direspon oleh pengikutnya yang berjumlah 4118 Followers dan jumlanya terus bertambah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Followers tentang informasi road safety dalam akun instagram @Humas Polda NTT. Penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai tambahan informasi akademik tentang pengembangan ilmu teknologi dan komunikasi serta diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai persepsi Followers tentang informasi road safety setelah melihat dan mengamati konten yang ditampilkan oleh akun instagram @Humas Polda NTT. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi followers kaum millennial tentang informasi road safety pentingnya lalu lintas. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan konsep definisi komunikasi massa, komunikasi melalui computer mediated communication, media sosial, jenis media sosial, jejaring sosial instagram, fitur-fitur instagram, persepsi, persepsi positif dan persepsi negatif, proses pembentukan persepsi, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi, khalyak, khalayak dalam media sosial, definisi keselamatan berkendara (safety riding), generasi millennial (kaum millennial), interaksi sosial. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, dan focus group discussion. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dan dipilih berdasarkan kriteria pemilihan informan. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian, penulis melakukan penelitian bertitik tolak dari indikator penelitian yaitu persepsi positif dan persepsi negatif, yang terbagi menjadi 3 pertanyaan dalam wawancara yaitu kegiatan millennial, postingan millennial, dan dampak dari kegiatan millennial road safety dan didukung dengan hasil wawancara dengan para informan peneliti menemukan dan menganalisis jawaban dari para informan tentang tentang persepsi dan negatif yang diberikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten foto yang ditampilkan oleh akun instagram @Humas Polda NTT berpengaruh pada persepsi followers tentang informasi road safety. followers melihat akun instagram @humas polda ntt sangat baik dalam mempublikasikan informasi-informasi berkaitan dengan kaum millennial. Berdasarkan indikator penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi setiap orang itu berbeda. Ada yang memberikan persepsi positif dan juga negatif, tentang kegiatan millennial road safety sebagian besar dari informan memberikan persepsi yang positif. Mengacu pada penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa persepsi yang diberikan oleh followers akun @humas polda ntt tentang kegiatan millennial road safety adalah persepsi positif. Saran oleh peneliti ditujukan kepada admin akun @humas polda ntt untuk menambahkan informasi yang lebih jelas dan lengkap pada caption foto yang dipublikasikan dan bagi kaum millennial agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dengan baik dan menerima masukan serta saran dari orang yang lebih tua, menjadikan generasi millennial yang cinta damai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:29
Last Modified: 28 Jul 2020 05:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item