Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Berbagai Gaya Kognitif Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Negeri 1 Taebenu Tahun Pelajaran 2017/2018

SELAN, Pieter A.Wilson (2019) Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Berbagai Gaya Kognitif Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Negeri 1 Taebenu Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)

Abstract

Gaya kognitif merupakan seluruh kemampuan berpikir dan tindakan secara adaptiftermasuk kemampuan-kemapuan mental yang kompleks seperti berpikir, mempertimbangkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, dan meneyelesaikan persoalan-persoalan. Pada teori ini gaya kognitif memandang proess pembelajaran sebagai pelibatan penguasaan atau penataan kembali struktur kognitif dimana seorang menyimpan dan mengolah informasi. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam proses pembelajaran yang melibatkan konsepkonsep ilmiah. Pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologi) yang berbeda. Sikap diperoleh melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Pertama: Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi lajureaksi kelas XI IPA1dan IPA 2 SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2017/2018?. Kedua: Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IPA1dan IPA2 SMA Negeri 1 Taebenu dengan gaya kognitif Field Independen (FI) danFiled Dependent (FD) dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Negeri 1Taebenu tahun pelajaran 2017/2018?. Ketiga adalah Adakah perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya kognitif Field Independen (FI) dan siswa dengan gaya kognitif Field Dependen (FD) yang menerapakan pendekatan saintifikpada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA 1dan IPA 2 SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2017/2018.Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: Untuk mengetahui bagaiman efektifitas penerapan pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA1dan IPA2 SMA Negeri 1Taebenu tahun pelajaran 2017/2018. Kedua: Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan gaya kognitif Field Dependen (FD) dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA1dan IPA2 SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik) a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,89. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi keempat aspek: Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 83 untuk kelas XI IPA 1 dan 85 untuk kelas XI IPA 2, ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 84 untuk kelas XI IPA 1 dan 81 untukkelas XI IPA 2, ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 81 untuk kelas XI IPA 1 dan 83 untuk kelas XI IPA 2, ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 83 untuk kelas XI IPA 1 dan 97 untuk kelas XI IPA 2. (2) Gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2017/2018 sebayak 48 orang siswa adalah 54% dari 48 siswa memiliki gaya kognitif field Independent (FI) dan 46% dari 48 siswa memiliki gaya kognitif field dependent (FD). (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field Independent dan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2017/2018 dengan hasil uji t-test dengan harga table untuk dk= n1 + n2 – 2 = 29 + 19 – 2 = 46 adalah 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttable, atau 6,45 ≥ 2,021

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Gaya Kognitif, Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:48
Last Modified: 28 Jul 2020 05:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item