Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Mendireksi Dengan Pola Birama 4/4 Melalui Metode Simulasi dan Drill Pada Siswa/Siswi Kelas VIII C Minat Direksi SMPN 6 Kupang Tengah

SANDES, Yuliana Gagarin (2019) Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Mendireksi Dengan Pola Birama 4/4 Melalui Metode Simulasi dan Drill Pada Siswa/Siswi Kelas VIII C Minat Direksi SMPN 6 Kupang Tengah. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)

Abstract

Kemampuan teknik membirama sangatlah penting dan perlu untuk dipelajari serta harus dimiliki oleh setiap orang yang memimpin sebuah paduan suara. SMPN 6 Kupang Tengah memiliki siswa- siswi yang minat Direksi, namun mereka belum pernah mendapat bimbingan tentang menjadi seorang Dirigen dan belum mendapatkan pengetahuan mengenai cara mendireksi yang baik dan tepat. Maka dari itu penulis melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Mendireksi dengan Pola Birama 4/4 Melalui Metode Simulasi dan Drill pada Siswa-Siswi Kelas VIIIC Minat Direksi SMPN 6 Kupang Tengah 2019”. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana cara meningkatkan keterampilan teknik dasar mendireksi dengan pola birama 4/4 dengan model lagu Indonesia Raya melalui Metode Simulasi dan Drill pada siswa siswi kelas VIIIC Minat Direksi SMPN 6 Kupang Tengah 2019. Penelitian ini bertujuan agar dapat menjelaskan dan mengetahui proses pelatihan teknik dasar mendireksi dengan pola birama 4/4 lagu Indonesia Raya melalui metode simulasi dan drill pada siswa- siswi kelas VIIIC Minat Direksi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik studi pustaka berkaitan dengan sumbersumber tertulis mengenai teknik aba-aba dasar dalam mendireksi. Studi lapangan berkaitan erat dengan data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode Simulasi dan Drill sangat efektif dalam pelatihan teknik aba-aba dasar mendireksi dengan lagu model Indonesia Raya pada SMPN 6 Kupang Tengah melalui Metode simulasi dan drill pada siswa- siswi minat direksi kelas VIIIC, ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut dimulai dengan merekrut siswa siswi minat direksi kelas VIIIC yang di antaranya 3 orang mereka yang pernah dipercayakan untuk mendireksi dan 1 orang lainya pelum pernah dipercayakan untuk mendireksi, namun dalam prakteknya mereka yang sudah pernah dipercayakan untuk dirigen sering melakukan banyak kesalahan, lalu peneliti memberikan pengertian tentang dirigen dan memberikan pemahaman tentang teknik aba-aba, melatih teknik abaaba dasar membirama 4/4 mulai dari sikap berdiri, gerakan awal saat memulai lagu sampai melakukan gerakan mengakhiri lagu atau menutup lagu, menerapkan teknik membirama 4/4 sebagai aplikasi pelatihan teknik yang dipraktekkan sebelumnya pada lagu Indonesia Raya dan menangani berbagai kesulitan yang dialami oleh siswa siswi dengan cara dibimbing secara individual yang dilakukan secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar menguasai teknik membirama 4/4 pada lagu Indonesia Raya secara baik dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mendireksi, Siswa-siswi, birama 4/4, lagu, metode simulasi dan drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 29 Jul 2020 05:18
Last Modified: 29 Jul 2020 05:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item