Kajian Untuk Menentukan Kinerja Ekivalensi Mobil Penumpang ( Studi Kasus Jalan Jendral Soeharto Kota Kupang )

MAU, Emilianus Bau (2019) Kajian Untuk Menentukan Kinerja Ekivalensi Mobil Penumpang ( Studi Kasus Jalan Jendral Soeharto Kota Kupang ). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK_compressed.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB 1 TA.PENENTUAN EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG JLN SOEHARTO-dikonversi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 2 REVISI IBU SANTI,PAK DIKY-dikonversi.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB 3 REVISI IBU SANTI,PAK DIKY-dikonversi.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB 4 MASI REVISI 1 KALI LAGI-dikonversi-dikompresi.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (275kB)

Abstract

Pada ruas jalan di Kota Kupang, khususnya ruas jalan Jenderal Soeharto masalah lalu lintas seperti kemacetan, antrian dan tundaan merupakan hal sering terjadi, dikarenakan pada ruas jalan Jenderal Soeharto terdapat beberapa tempat usaha seperti pasar, minimarket, pertamina dan beberapa tempat usaha lainnya. Penyebab kemacetan tersebut disebakan keluar masuknya kendaraan dari pasar yang bertepatan dengan persimpangan dan kendaraan yang keluar masuk dari pertamina. Tiap-tiap jalan memiliki kondisi lalu lintas dan geomerik yang berbeda yang membuat nilai emp menurut MKJI tidak lagi sesuai dengan karakteristik lalu lintas jalan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai nilai emp untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja jalan yang benar-benar sesuai dengan karakteristik lalu lintas di Jalan Jenderal Soeharto. metode time headway akan mendapatkan nilai emp dengan cara melakukan perhitungan waktu antara bumper depan kendaraan di depan dengan bumper depan kendaraan dibelakangnya. Metode regresi linear akan mendapatkan nilai emp dari hasil analisis dan perhitungan data arus kendaraan bermotor dengan menggunakan pendekatan matematik dan statistic. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai emp dengan menggunakan metode Time Headway di titk satu, nilai emp MC sebesar 0,54 dan 0,68 dan HV sebesar 0,42 dan 3,37. Untuk titik 2 nilai emp MC sebesar 0,53 dan 0,60 dan HV sebesar 2,63 dan 3,17. Sedangkan hasil perhitungan menggunakan metode regresi linear pada titik 1 didapat nilai MC sebesar 0,19 dan nilai emp HV sebesar 0,63. Untuk titik 2 didapat nilai emp MC sebesar 0,45 dan nilai emp HV sebesar 0,14. Hasil analisis kinerja ruas jalan dengan menggunakan emp hasil perhitungan metode Time Headway pada titik 1 menghasilkan nilai DS sebesar 0,53 dan pada titik 2 didapat nilai DS sebesar 0,55. Terdapat perbedaan nilai emp antara hasil perhitungan dengan emp pada MKJI 1997 dimana emp sepeda motor adalah 0,5 dan emp kendaraan besar adalah 1,3. Perbedaan nilai emp antara beberapa metode diatas disebabkan oleh perbedaan dalam pengumpulan data dan metode perhitungan. Nilai DS yang disarankan oleh MKJI 1997 adalah <0,75. Didapatkan untuk hasil DS menggunakan metode time headway dan metode regresi linear untuk kedua titik cukup layak untuk melayani arus lalu lintas di jam sibuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: emp, Time Headway, Regresi Linear, Kinerja Jalan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 29 Jul 2020 05:27
Last Modified: 29 Jul 2020 05:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item