Analisis Pengaruh Motif, Persepsi, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Toko Multimedia Trade Center Kota Kupang

JENADUN, Kluadius Avrino (2019) Analisis Pengaruh Motif, Persepsi, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Toko Multimedia Trade Center Kota Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)

Abstract

Sejak bulan April 2013, Oppo mulai memasuki pasar smartphone di Indonesia dan melakukan perkenalan sebagai brend elektronik yang berkualitas dan bersaing di pasar internasional. Walaupun berbagai setrategi telah dilakukan, Smartphone Oppo belum bisa menduduki posisi teratas dalam persaingan Smartphone di Indonesia, khususnya di Kota Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. 1) bagaimana gambaran motif, persepsi, sikap konsumen dan keputusan pembelian Smartphone Oppo pada Toko Multimedia Trade Center di Kota Kupang? 2) Apakah motif, persepsi, dan sikap konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo pada Toko Multimedia Trade Center di Kota Kupang? 3) Apakah motif, persepsi dan sikap konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Oppo pada Toko Multimedia Trade Center di Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini, yaitu semua konsumen yang membeli smartphone pada Toko MTC Kupang, dengan jumlah sampel 105 responden. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling incidental. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder, data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial Hasil analisis deskriptif diperoleh jawaban responden terhadap variabel motif 81,83%, variabel persepsi 81,6%, variabel sikap konsumen 83,95%, dan variabel keputusan pembelian 81,6%, dikategorikan baik. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan variabel motif dan variabel persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, dan variabel sikap konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan variabel motif, persepsi dan sikap konsumen secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi 90,2%, ini menerangkan variabel keputusan pembelian merupakan kontribusi dari tiga variabel bebas yakni motif, persepsi, dan sikap konsumen, sedangkan selebihnya yaitu 9,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Disarankan kepada perusahaan Smartphone Oppo perlu meningkatkan atau mempertahankan kualitas dari Smartphone Oppo, dengan cara menambahkan atau memodifikasi fitur-fitur Smartphone Oppo, sehingga meningkatkan persepsi konsumen, agar konsumen terdorong untuk melakukan keputusan pembelian Smartphone Oppo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motif, Persepsi, Sikap Konsumen Dan Keputusan Pembilan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 03 Aug 2020 05:47
Last Modified: 03 Aug 2020 05:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item