Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pada Jalan Bundaran PU Kota Kupang)

FONI, Louisa Tria (2019) Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pada Jalan Bundaran PU Kota Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
2.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3.pdf

Download (810kB)
[img] Text
4.pdf

Download (445kB)
[img] Text
5.pdf

Download (601kB)
[img] Text
6.pdf

Download (447kB)

Abstract

Sistem transportasi jalan yang belum efektif, akibatnya sebagian masyarakat lebih memilih jenis moda sepeda motor untuk bertransportasi, karena sepeda motor dipandang mempunyai keunggulan dalam hal mobilitas, aksesibilitas, dan ekonomis, sehingga proporsi jumlah sepeda motor di jalanan saat ini mendominasi moda transportasi lainnya.Volume lalu lintas yang semakin padat mengakibatkan terjadinya kesemrawutan dan kemacetan. Moda transportasi publik saat ini belum dapat memberikan layanan seperti yang diharapkan sebagian masyarakat. Sepeda motor dikenal memiliki fleksibilitas dalam bermanuver dan lebih ekonomis menjadi alasan pemilihan moda tersebut. Dominasi sepeda motor dalam arus lalu lintas di jalan-jalan di Indonesia memerlukan perhatian khusus dikarenakan berbagai parameter lalu lintas saat ini belum mempertimbangkan pengaruh perubahan proporsi sepeda motor. Apabila tidak ditangani, sistem transportasi jalan dan kecelakaan akan lebih buruk lagi. Tulisan ini menunjukan pengaruh jumlah sepeda motor di jalanan terhadap kecepatan kendaraan yang bias dikembangkan pengemudi, dan sekaligus model hubungan tersebut sebagai salah satu alternatif jawaban dalam menetapkan proporsi jumlah sepeda motor di jalanan. Hubungan variabel yang dimaksudkan, didapat dari pecahan jumlah setiap jenis kendaraan dan kecepatannya dalam setiap kurun waktu perlima belas-menitan. Hasil dari analisa adalah proporsi dan rasio kendaraan bermotor berpengaruh signifikan terhadap kecepatan lalu lintas di lima titik tersebut, pada interval volume tertentu terlihat adanya pengaruh proporsi dan rasio dimana semakin tinggi proporsi dan rasio kendaraan bermotor maka semakin rendah kecepatan lalu lintas di jalan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: proporsi sepeda motor, kinerja ruas jalan, kecepatan arus lalu lintas.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 04 Aug 2020 05:22
Last Modified: 04 Aug 2020 05:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item