Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Di Kota Kupang (Studi Kasus Jalan H.R Koroh)

BANI, Gregorius Yoseph (2019) Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Di Kota Kupang (Studi Kasus Jalan H.R Koroh). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (843kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (962kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (65kB)

Abstract

Jalan H.R Koroh,Kelurahan Sikumana,Kecamatan Maulafa, Kota Kupang banyak dilalui dengan berbagai macam kendaraan,baik dari kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Seiring berjalannya waktu dengan jumlah penduduk kota Kupang yang semakin meningkat tiap tahunnya,menyebabkan aktivitas masyarakat pada umumnya memanfaatkan jalan H.R Koroh ini dalam berbagai macam kegiatan harian,misalnya bekerja,sekolah, belanja dan lain-lain. Ditambah lagi dengan kesemrawutan kendaraan umum yang menaikan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya sehingga kemacetan pada jalan ini semakin meningkat. Ada pula penyebab lainnya seperti kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan sehingga membuat kondisi jalan semakin sempit dan menyebabkan ketidaknyamanan pengguna jalan yang berakibat kecepatan kendaraan semakin menurun dan waktu tempuh perjalanan semakin meningkat. Untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas pada ruas jalan ini terlebih dahulu diperlukan pengetahuan mengenai karakteristik lalu lintas dan model hubungan antara karakteristik volume (V), kecepatan (S), dan kepadatan (D) lalu lintas, sesuai dengan kondisi yang ada. Survei data meliputi volume dan kecepatan lalu lintas dengan metode manual count, sedangkan analisis model meliputi model greenshield, greenberg, dan underwood. Setelah menganalisis model dilakukan perhitungan tingkat pelayanan jalan H.R Koroh. Dalam penelitian ini ruas jalan yang di teliti dibagi dalam empat segmen, dengan hasil analisisi sebagai berikut: titik pengamatan 1 model hubungan V-S-D yang sesuai untuk jalan H.R Koroh adalah mengikuti model Underwood dengan nilai r = 0.77 dengan model Us = 31.96 x exp (-D/199.38) dan nilai tingkat pelayanan jalan C – F. titik pengamatan 2 model hubungan V-S-D yang sesuai untuk jalan H.R Koroh adalah mengikuti model Underwood dengan nilai r = 0.42 dengan model Us = 33.29 x exp (- D/166.66) dan nilai tingkat pelayanan jalan B – D, titik pengamatan 3 model hubungan V-S-D yang sesuai untuk jalan H.R Koroh adalah mengikuti model Underwood dengan nilai r = 1.81 dengan model Us = 40.70 x exp (-D/131.93) dan nilai tingkat pelayanan jalan B – C. titik pengamatan 4 model hubungan V-S-D yang sesuai untuk jalan H.R Koroh adalah mengikuti model Underwood dengan nilai r = 1.81 dengan model Us = 40.70 x exp (-D/131.93) dan nilai tingkat pelayanan jalan B – C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: underwood, tingkat pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 05 Aug 2020 05:13
Last Modified: 05 Aug 2020 05:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item