Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

GAWEN, Sesilinda Hope (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)

Abstract

Pembelajaran di sekolah dituntut efektif agar peserta didik mampu menguasai materi pembelajaran dengan optimal. Untuk mencapai prestasi belajar yang baik harus mulai dari hasil belajar yang baik pula. Anak-anak Indonesia ternyata hanya mampu menguasai 30% dari materi bacaan dan ternyata mereka juga sulit sekali menjawab soalsoal berbentuk uraian yang memerlukan penalaran. Sehingga hasil belajar yang diperoleh rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran dikelas kurang efektif. Proses pembelajaran pada model PBL menggunakan pendekatan yang lebih sistematik guna memecahkan sebuah masalah dalam pembelajaran dan pengambilan keputusan dalam konteks dunia nyata yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerepan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok Sistem. Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan model problem based learning yakni 66,96% sedangkan nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran langsunng yakni 55%. Aktivitas peserta didik terhadap pelaksanaan dengan model PBL berada pada kategori baik dengan dengan rata-rata reliabilitas adalah 93,32% sedangkan aktivitas peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran langsung dengan rata-rata adalah 85,69%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai probabilitas (sign.) 0,022< 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah ada Pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok. Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia, Hasil Belajar Peserta didik.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:29
Last Modified: 19 Aug 2020 04:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item