Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Beban Emisi Kendaraan Di Jalan Jendral Sudirman Kota Kupang

SERAN, Maksimus (2019) Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Beban Emisi Kendaraan Di Jalan Jendral Sudirman Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
03. BAB II .pdf

Download (139kB)
[img] Text
04. bab III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf

Download (320kB)
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

Jalan Jendral Sudirman Kota Kupang merupakan salah satu ruas jalan penting di Kota Kupang, yang melayani arus lalu lintas di Kelurahan kuanino. Jalan Jendral Sudirman ini sering digunakan sebagai jalur penghubung dari daerah padat penduduk Kota Kupang sehingga mengakibatkan besarnya arus kendaraan yang melewati jalur ini. Volume lalu lintas yang tinggi akan menimbulkan konsekuensi terhadap peningkatan polusi udara akibat gas buang dari kendaraan bermotor (Abubakar, 2006).Penelitian ini di lakukan dengan cara perhitungan volume lalu lintas. Pengolahan data volume lalu lintas dilakukan untuk mengetahui nilai beban emisi kendaraan dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Hobbs (1979) dan metode KLH (2013).Hasil penelitian menunjukan bahwa volume lalu lintas pada sepeda motor sebesar 2.001,97 kend/jam, kendaraan ringan sebesar 727,75 kend/jam dan kendaraan berat sebesar 24,90 kend/jam dengan kadar CO dan NOx menurut model Hobbs yaitu sepeda motor sebesar 22,9174 ppm dan 135,1445 ug/m3, kendaraan ringan sebesar 6,0419 ppm dan 41,8858 ug/m3 dan kendaraan berat sebesar 2,9667 ppm dan 37,9608 ug/m3 dan menurut metode KLH kadar CO dan NOx sepeda motor sebesar 343,7302 ton/tahun dan 7,1201 ton/tahun, kendaraan ringan sebesar 357,0050 ton/tahun dan 17,8503 ton/tahun dan kendaraan berat sebesar 0,8550 ton/tahun dan 1,0688 ton/tahun. Hasil proyeksi volume lalu lintas sepuluh tahun mendatang (2029) di dapatkan jumlah sepeda motor sebesar 4.515,86, kendaraan ringan sebesar 1.257,30 dan kendaraan berat sebesar 42, 80 dengan kadar CO dan NOx menurut model Hobbs yaitu sepeda motor sebesar 99,0637 ppm dan 700,0489 ug/m3, kendaraan ringan sebesar 11,2806 ppm dan 64,8691 ug/m3 dan kendaraan berat sebesar 3,0093 ppm dan 45,4325 ug/m3 dan menurut metode KLH kadar CO dan NOx sepeda motor sebesar 775,3552 ton/tahun dan 16,0609 ton/tahun, kendaraan ringan sebesar 616,7795 ton/tahun dan 30,8390 ton/tahun dan kendaraan berat sebesar 1,4697 ton/tahun dan 1,8371 ton/tahun. Hasil perhitngan eksisting maupun hasil proyeksi kadar CO dan NOx sudah melampaui standar baku mutu kualitas udara ambient nasional yang diisyaratkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Volume Lalulintas, Beban Emisi Kendaraan, Kadar CO dan Nox
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:48
Last Modified: 19 Aug 2020 04:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item View Item