Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP

SARI, Yulita (2019) Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTARCT.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar matematika siswa karena faktor dari dalam diri yaitu konsep diri dan berpikir positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konsep diri dan berpikir positif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik dengan metode regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu selurus kelas VII yang terdiri atas 5 kelas , sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 1 kelas dari 5 kelas yang dipilih secara acak menggunakan teknik claster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket konsep diri, angket berpikir positif masing-masing berjumlah 40 butir dan tes prestasi belajar siswa sebanyak25 butir soal berbentuk pilihan ganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data hasil analisis angket dan nilai prestasi belajar siswa. Data konsep diri, berpikir positif dan prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh berdasarkan analisismenggunakan SPSS versi 22 menunjukan niali Asymp > 0,05= dan Dhitung ˂Dtabelyang berarti terima H0atau data konsep diri, berpikir positif dan prestasi belajar matematika siswa berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Pengujian hipotesis menggunakan uji t(uji parsial) dan uji F (uji simultan). Setelah data dianalisis diperoleh nilai nilai signifikan= 0,000 ˂ 0,05 = dan Fhitung= 116,640 > Ftabel= 3,40 maka tolak H0, dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan konsep diri dan berpikir positif terhadap pretasi belajar siswa kelas VII SMP.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep diri dan berpikir positif berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Berpikir positif, Prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:20
Last Modified: 24 Aug 2020 05:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item