Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Pokok Kingdom Animalia Di SMA Negeri 2 Semau Tahun Ajaran 2017/2018

DOI, Margaretha Stefania Sanis (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Pokok Kingdom Animalia Di SMA Negeri 2 Semau Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
file abstrak.pdf

Download (592kB)
[img] Text
file bab I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
file bab II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
file bab III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf

Download (154kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (264kB)

Abstract

Masalah umum yang sering kita temui disekolah adalah rendahnya hasil belaja rsiswa. Rendahnya hassil belajar siswa ini dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu kurangnya motivasi belajar dari siswa itu sendiri, selain itu peran guru dalam, mengolah pembelajaran sangatlah berbengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas X materi pokok kingdom animalia di SMA Negeri 2 Semau tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-experimental dengan desain penelitian non equivalen control group design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, pretest, posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif (analisis skor hasil belajar siswa, analisis data aktivitas siswa dan analisis data keterlaksanaan pembelajaran), analisis inferensial (ANCOVA satu jalur) dan uji t-test (perbedaan rata-rata hasil belajar siswa). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa setelah preetes dan setelah posttes dengan menerapkan kooperatif tipe TPS adalah 47.5 dan 83.41, sedangkan dengan menerapkan model pembelajaran Konvensional masing-masing adalah 47 dan 70. Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa dengan nilia sign. 0,000< 0,01. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas TPS dan kelas Konvensional dengan nilai thitung 5.532 >ttabel 2015 dengan taraf signifikan 5%. Model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih berpengaruh daripada model pembelajaran Konvensional, terlihat dari thitung tipe TPS > thitung Konvensional yaitu thitung 18.285 > thitung 8.065 dengan taraf signifikan 5%. Dan nilai aktifitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran Konvensional adalah 88.24 dan 86. Sedangkan nilai aktifitas guru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran Konvensional adalah 96.35 dan 90.25. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Pokok Kingdom Animalia di SMA Negeri 2 Semau Tahun Ajaran 2017/2018, ada perbedaan rata-rata hasil belajar antar kelompok dengan tipe TPS dan Konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih berpengaruh daripada model pembelajaran koopertaif Konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,Model pembelajaran kooperatif Tipe TPS,Hasil Belajar, Materi Kingdom Animalia
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:42
Last Modified: 14 Oct 2019 00:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item