Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMPK adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

ASA, Eklopas (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMPK adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (285kB)

Abstract

Hasil belajar merupakangambaran tentang bagaimana peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru, namun dalam pembelajaran di sekolah mengalami beberapa permasalahan yaitu peserta didik cenderung pasif. Salah satu pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan hasil belajarpeserta didik adalah model discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learningterhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan diSMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2019/2020.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasieksperimenatau eksperimen semudengan desain penelitianyang digunakan adalah non-equivalent control group design.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalahpeserta didik kelas VIIICdiberikan model discovery learningdan kelas VIII Ddiberikan pembelajaran langsung.Hasil penelitian dengan menggunakan model discovery learningdan pembelajaran langsung pada materi pokok struktur dan fungsijaringan tumbuhan di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2019/2020menunjukkan peningkatan pada pembelajaran discoverydari42,92ke 85,21 dan model pembelajaran langsung dari 40,62 ke 79,79. hasil persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas VIII Cyaitu 100%, sedangkan ketuntasan klasikal yaitu peserta didik kelas VIII Dyaitu 95.83%. Rata-rata reabilitas aktivitas pesertadidik dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model discovery learningadalah 84,07dan pembelajaranlangsung 73,40. Rata-rata reabilitas kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model discovery learningadalah 98,38dan pembelajaranlangsung 97,1. Data hasil belajar peserta didik tersebut berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada model discovery learningdan pembelajaran langsung (sig. >0,05), tidak ada varian antar kelompok data sehingga data variabel terikat dinyatakan homogen (sig. >0,05).Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasilbelajar peserta didikkelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMPKAdisucipto PenfuiKupang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:37
Last Modified: 24 Aug 2020 05:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item