Studi Penentuan Waktu Tempuh Perjalanan Kendaraan Sebagai Pemicu Derajat Kejenuhan (Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Kupang-NTT)

MENI, Benedikta Luisa (2019) Studi Penentuan Waktu Tempuh Perjalanan Kendaraan Sebagai Pemicu Derajat Kejenuhan (Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Kupang-NTT). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)

Abstract

Jalan Jenderal Sudirman merupakan salah satu akses jalur lalu lintas yang cukup padat di Kota Kupang, dimana pada jalur ini juga merupakan pusat kota dengan kondisi yang sangat ramai. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan arus lalu lintas ruas jalan tersebut meningkat yang mana akan berpengaruh pada derajat kejenuhan. Derajat kejenuhan juga dapat mempengaruhi kecepatan kendaraan, waktu tempuh, dan kemacetan yang akan menyebabkan kecelakaan karena banyaknya pergerakan kendaraan pada jam-jam sibuk. Studi ini dilakukan selama enam hari survei yaitu pada hari Senin sampai dengan hari Sabtu yang bertujuan untuk mengetahui Waktu Tempuh Perjalanan Kendaraan Sebagai Pemicuh Derajat Kejenuhan Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Kupang. Berdasarkan hasil survei selama enam hari survei dari hasil analisis, maka di dapat nilai waktu tempuh dan derajat kejenuhan di ruas Jalan Jenderal Sudirman. Yang mana nilai waktu tempuh paling tinggi terjadi pada sore hari jam 17:00 – 18:00 WITA dengan total = 0,0920 jam = 5,52 menit = 331,20 detik dan paling rendah di waktu pagi hari pagi hari jam 06.00-07.00 WITA dengan total = 0,0476 jam = 2,86 menit = 171,31 detik serta nilai derajat kejenuhan (DS) paling tinggi terjadi pada siang hari pukul 13.00 – 14.00 WITA sebesar 0,82 dan terendah pada pagi hari pukul 06.00 – 07.00 WITA sebesar 0,71. Dan dengan menggunakan 1 ( satu ) metode yaitu metode regresi linear yang di dapat persamaan, Y = 0,4279x – 0,5437 dengan koefisien determinasi ( ) 0,6631, dengan standard deviasi (SD) sebesar 0,858477 dan standard eror sebesar (SE) = 0,095836. Sehingga dari persamaan diatas dari satu metode maka diketahui nilai derajat kejenuhan tinggi maka waktu tempuh pun tinggi begitu pun sebaliknya derajat kejenuhan rendah maka waktu tempuh pun rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan , Waktu Tempuh , Derajat Kejenuhan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:49
Last Modified: 24 Aug 2020 05:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item View Item