Analisa Hubungan Kecepatan, Volume Dan Kerapatan Pada Ruas Jalan Di Kota Kupang (Studi Kasus Di Jalan W.J Lalamentik Kota Kupang)

GASI, Vinorensius (2019) Analisa Hubungan Kecepatan, Volume Dan Kerapatan Pada Ruas Jalan Di Kota Kupang (Studi Kasus Di Jalan W.J Lalamentik Kota Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)

Abstract

Jalan W.J Lalamentik merupakan ruas jalan yang menguhubungkan kepada Sekolah dan Perkantoran serta pusat pertokoan yang menjadikan ruas jalan ini sangat padat. Kondisi jalan yang dinamis tersebut menimbulkan kerawanan berupa kemacetan kendaraan yang melalui ruas jalan tersebut.Kemacetan yang terjadi pada ruas jalan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kecepetan kendaraan yang menurun, volume kendaraan yang semakin meningkat serta kerapatan yang semakin meningkat. Kecepatan kendaraan yang menurun diakibatkan oleh hambatan samping seperti terdapat kendaran yang berhenti dan parkir di badan jalan serta pejalan kaki yang menyebrang. Berdasarakan hasil analisis dan perhitungan volume kendaraan tertinggi pada ruas jalan W.J Lalamentik dari hasil analisa rata-rata smp/jam selama 6 hari di dapat volume tertinggi terjadi pada pukul 12:00-13:00 sebesar 1347,181 smp/jam volume terendah pada pukul 06:00-07:00 sebesar 949,506 smp/jam. Dengan kecepatan tertinggi sebesar 19,56 km/jam yang terjadi pada pukul 06:00-07:00 dan kecepartan terendah pada pukul 11:00-12:00 sebesar 16,47 km/jam. kepadatan tertinggi terjadi pada 11:00-12:00 sebesar 82,07 smp/km. Kapasitas maksimum rata-rata selama 6 hari pada ruas jalan W.J Lalamentik 3927,794 smp/jam dan derajat kejenuhan 0,483 dan tingkat pelayan B. hal ini menunjukan bahwa kinerja ruas jalan W.J Lalamentik terbilang baik. Dengan hubungan fundamental yang menggambarkan Kecepatan tertinggi yakni 19,55 terjadi pada saat volume mencapai titik terendah yaitu 949.506 kend/jam dan kepadatan mencapai titik terendah yaitu 50,531 smp/jam dan kecepatan terendah 16,47 km/jm terjadi pada saat volume mencapai titik tertinggi yaitu 1347,181kend/jam dan kepadatan mencapai 82,071smp/jam. Solusi yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpang jalan Soverdi dijadikan jalan satu arah karena kendaraan yang melintasi ruas jalan soverdi ketika hendak masuk ke jalan W.J Lalamentik selalu mngakibatkan kemacetan yang sangat tinggi di saat vilume jam puncak. Serta penegasan kepada pihak hotel Romyta agar membangun fasilitas parkir yang lebih memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Volume,Kecepatan,Kepadatan, Hambatan samping,Parkir
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 09 Sep 2020 05:50
Last Modified: 09 Sep 2020 05:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item