Model Hubungan Waktu Tempuh Dengan Derajat Kejenuhan Di Ruas Jalan Perkotaan Di Kota Kupang (Studi Kasus : Jln. Ahmad Yani Kota Kupang)

ASY, Andrio (2019) Model Hubungan Waktu Tempuh Dengan Derajat Kejenuhan Di Ruas Jalan Perkotaan Di Kota Kupang (Studi Kasus : Jln. Ahmad Yani Kota Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (549kB)

Abstract

Ruas Jalan Ahmad Yani Kota Kupang merupakan salah satu ruas jalan yang cukup padat lalu lintasnya sehingga mengakibatkan waktu tempuh semakin bertambah dan derajat kejenuhan meningkat karena ruas jalan tersebut berada di kawasan campuran, yang di dominasi oleh pendidikan, dan perumahan serta pertokoan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu langkah – langkah yang sifatnya terpadu dan terencana dengan terlebih dahulu mengkaji karakteristik jalan tersebut seperti kecepatan, waktu tempuh dan derajat kejenuhan. Studi ini dilkaukan selama enam hari survei yaitu pada hari Senin sampai dengan hari Sabtu yang bertujuan untuk mengetahui Model Hubungan Waktu Tempuh Dengan Derajat Kejenuhan Di Ruas Jalan Perkotaan Di Kota Kupang khususnya ruas Jalan Ahmad Yani Kota Kupang. Berdasarkan hasil survei selama enam hari survei dari hasil analisis, maka di dapat nilai waktu tempuh dan derajat kejenuhan di ruas Jalan Ahmad Yani. Yang mana nilai waktu tempuh tertinggi pada sore hari pukul 17.00 – 18.00 Wita sebesar 0,0769 jam = 4,62 menit = 211,76 detik dan terendah pada pagi hari pukul 06.00 – 07.00 Wita sebesar 0,0345 jam = 2,07 menit = 124,14 detik serta nilai derajat kejenuhan tertingii pada sore hari pukul 17.00 – 18.00 Wita sebesar 0,97 dan terendah terjadi pada pagi hari pukul 06.00 – 07.00 Wita sebesar 0,30. Dan dengan menggunakan 3 ( tiga ) metode yaitu metode regresi linear yang di dapat persamaan, Y = 0,249x – 0,090 dengan koefisien determinasi ( ) = 0,854 , untuk metode logaritma di dapat persamaannya, Y = 0,835ln(x) – 0,244 dengan koefisien determinasi ( ) = 0,922. Dan metode exponensial di dapat persamaan, Y = 0,181e^0,407x dengan koefisien determinasi sebesar ( ) = 0,751 dengan standard deviasi (SD) sebesar 0,768814 dan standard eror sebesar (SE) = 0,085423 . Sehingga dari ketiga persamaan diatas dari ketiga metode maka diketahui nilai derajat kejenuhan tinggi maka waktu tempuh pun tinggi begitu pun sebaliknya derajat kejenuhan rendah maka waktu tempuh pun rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arus lalu-lintas, Hambatan Samping, Kecepatan, Waktu Tempuh, Derajat Kejenuhan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 11 Sep 2020 05:28
Last Modified: 11 Sep 2020 05:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item View Item