SNAK, Ancelika Y. B. Us (2020) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makluk Hidup di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (72kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (343kB) |
Abstract
Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Hasil belajar dapat dilihat dari respon yang diberikan peserta didik terhadap stimulus (rangsangan) yang diberikan guru. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan olehmasih pasif peserta didik selama proses pembelajaran dan malu untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Untuk mengatasi hal ini maka perlu mengubah pola pembelajaran yang semula bersifat teacher centered berubah menjadistudent centeredyaitu model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learningterhadap hasil belajarkognitifpeserta didik Kelas VII pada materi pokok klasifikasi Makluk hidup diSMPAngkasa Penfui Kupang tahunajaran2019/2020.Jenis Penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desainNon-Equivalent pretet-posttest control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan kelas B. Peserta didik kelas VII A diberikan model problem based learningsedangkan kelas Bmenggunakanformat panduan belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensialHasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata pretest42,5 dan posttest84,75 sedangkan kelas kontrol rata-rata pretest 37,25 dan posttest74,25.Hasil uji anacova, menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang di gunakan 0,000< 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa (Ha) diterima.Kemampuan guru dalam mengelolahpembelajaran rata-rata 96.039.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapanmodel problem based learning berpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifpeserta didik kelas VII pada materi klasifikasi makluk hidup di SMP Angkasa PenfuiKupang Tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning,Hasil Belajar, Materi Klasifikasi MakhlukHidup. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Ptk Hendra Silvester |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 05:40 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 05:40 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3045 |
Actions (login required)
View Item |