Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Zat dan Wujudnya Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

SUSANTI, Afriana (2019) Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Zat dan Wujudnya Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 1I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan pembelajaran peserta didik untuk mencari, mengolah, pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret (terkait dengan kehidupan nyata peserta didik) melalui keterlibatan aktivitas peserta didik dalam mencoba, melakukan, dan mengalami sendiri untuk menemukan makna pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang. Secara spesifik tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan meneraapkan Pendekatan Kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil taun ajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perencanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, lembar penilaian evaluasi pembelajaran, tes hasil belajar (THB), lembar penilaian afektif dan psikomotor dan penilaian respon peserta didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan perentase. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang, secara terperinci sebagai berikut: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan meneapkan pen dekatan kontekstual yang meliputi perencanaan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan perencanaan evaluasi pembelajaran berada dalam kategori baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik semuanya tuntas. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaan dengan menerapkan pendekatan kontekstual berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan pembelajaran peserta didik untuk mencari, mengolah, pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret (terkait dengan kehidupan nyata peserta didik) melalui keterlibatan aktivitas peserta didik dalam mencoba, melakukan, dan mengalami sendiri untuk menemukan makna pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang. Secara spesifik tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan meneraapkan Pendekatan Kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil taun ajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perencanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, lembar penilaian evaluasi pembelajaran, tes hasil belajar (THB), lembar penilaian afektif dan psikomotor dan penilaian respon peserta didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan perentase. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan pendekatan kontekstual materi pokok Zat dan Wujudnya pada peserta didik kelas VII SMP Kristen Tunas Gloria Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang, secara terperinci sebagai berikut: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan meneapkan pen dekatan kontekstual yang meliputi perencanaan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan perencanaan evaluasi pembelajaran berada dalam kategori baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik semuanya tuntas. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaan dengan menerapkan pendekatan kontekstual berada pada kategori sangat baik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andreas Pati
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:25
Last Modified: 15 Sep 2020 04:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3072

Actions (login required)

View Item View Item