Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Meteri Pokok Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

LURUK, Asunta Maria (2019) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Meteri Pokok Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)

Abstract

Masalah pokok dalam pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar siswa sebagai bukti akan rendahnya daya serap siswa terhadap materi pembelajaran dan sebagai akibat dari kurangnya antusias dari siswa baik dalam hal belajar maupun menerima pelajaran. Secara teoritis, salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada materi pokok Sistem Ekskresi Manusia di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2016 ⁄2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Tempat penelitian di SMP Angkasa Kupang, Kelas VIII B yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 83,42 (2) Ketuntasan klasikal 89,47% (3) Rata-rata proporsi indikator 0,89 (4) Sensitivitas butir soal 0,32 (5) Kemampuan guru baik dengan skor rata- rata 3,64 (6) Aktivitas siswa baik dengan aktivitas paling tinggi adalah mengerjakan LKS/berdiskusi dan menulis pokok-pokok materi pembelajaran dengan persentase 19,97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Sistem Ekskresi Manusia di SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Masalah pokok dalam pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar siswa sebagai bukti akan rendahnya daya serap siswa terhadap materi pembelajaran dan sebagai akibat dari kurangnya antusias dari siswa baik dalam hal belajar maupun menerima pelajaran. Secara teoritis, salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada materi pokok Sistem Ekskresi Manusia di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2016 ⁄2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Tempat penelitian di SMP Angkasa Kupang, Kelas VIII B yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 83,42 (2) Ketuntasan klasikal 89,47% (3) Rata-rata proporsi indikator 0,89 (4) Sensitivitas butir soal 0,32 (5) Kemampuan guru baik dengan skor rata- rata 3,64 (6) Aktivitas siswa baik dengan aktivitas paling tinggi adalah mengerjakan LKS/berdiskusi dan menulis pokok-pokok materi pembelajaran dengan persentase 19,97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Sistem Ekskresi Manusia di SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2016/2017.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andreas Pati
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 15 Sep 2020 04:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3074

Actions (login required)

View Item View Item