DASILVA, Carmeneca M (2017) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Termokimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Kelas Xi IPA 2 SMK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK (COVER-ABSTRAK).pdf Download (573kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (816kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (559kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (893kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMAK Sint Carolus Kupang. pendekatan discovery learning adalah pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif belajar sendiri melalui tahapan-tahapan stimulasi (pemberian rangsangan), pertanyaan (mengidentifikasi masalah), mengumpulkan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/generalisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang. tahun ajaran 2017/2018 (mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui ketuntasan indikator dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang. tahun ajaran 2017/2018, mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang. tahun ajaran 2017/2018. 2). Mengetahui kemampuan kecerdasan spiritual peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018. 3) Mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018. 4) Hubungan: mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan kecerdasan spiritual dan penalaran tehadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018. 5). Pengaruh: mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018. mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan kecerdasan spiritual dan penalaran tehadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Pengamatan Kemampuan Guru Mengelolah Pembelajaran, Lembar Observasi dan Angket Penilaian Diri Sikap Spiritual (KI 1) dan Sikap Sosial (KI 2), Tes Hasil Belajar Berupa Kuis, Tugas dan Ulangan untuk Aspek Pengetahuan (KI 3), Lembar Observasi Psikomotor, Presentasi dan Lembar Penilaian Portofolio Untuk Aspek Ketrampilan (KI 4), Angket kecerdasan spiritual dan Soal Tes Kemampuan penalaran. dapat disimpulkan bahwa: 1). Pendekatan discovery learning efektif untuk diterapkan pada pembelajaran kimia, materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang. 2). Hubungan :a)Ada hubungan antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,340 dan nilai koefisien determinansi (D) = 11, 56%. b) Ada hubungan antara kemampuan penalaran dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) =0,341 dan nilai koefisien determinansi (D) = 11.6 %. c) Ada hubungan antara kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan korelasi (rx1x2y) = 0,437 dan nilai koefisien determinansi (D) = 19 %. 4) Pengaruh : a) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 70,724 + 0,200 (X1). b). Ada pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 82,651 + 0,060 (X2). c)Ada pengaruh kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 69,08 + 0,175 (X1) + 0,051 (X2).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Spiritual, Kemampuan penalaran, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 05:30 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 05:30 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3100 |
Actions (login required)
View Item |