Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Terhadap Hasil Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

MIDA, Agnesia (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Terhadap Hasil Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 6 Kupang. Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dimana proses pembelajaran ini lebih banyak melibatkan kemampuan peserta didik, sehigga peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih berperan penting dalam proses pembelajaran. Selain itu Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) juga merupakan pendekatan yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (4a) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Kupang.(4b) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang. (4c) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang. (5a) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kecerdsaan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang.(5b)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang.(5c) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang .Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek keterampilan (KI 4), angket kecerdasan emosional dan angket motivasi belajar.Dari hasil analisis data diperoleh: (1) Pendekatan contextual teaching and learning efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (2) Kecerdsan emosional peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Kupang baik dengan presentase rata-rata angket kecerdasan emosional sebesar 79.46. (3) Motivasi belajar peserta didik kelas kelas XI SMA Negeri 6 Kupang baik dengan presentase rata-rata angket motivasi belajar sebesar 83,93. (4a) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y)=0,69 (4b) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,56.(4c) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0723. (5a) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional yang dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan contextual teaching and learning pada materi pokok sistem koloid dengan persamaan regresi yang diperoleh ̂ . (5b) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok sistem koloid dengan persamaan regresi yang diperoleh ̂ . (5c) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada materi pokok sistem koloid dengan nilai regresi 0,83 dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 49% dengan persamaan regresi ̂

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional , Motivasi Belajar, Pendekatan contextual teaching and learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 16 Sep 2020 05:24
Last Modified: 16 Sep 2020 05:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item