Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Hukum Newton Pada Siswa Kelas X MIA Semester Ganjil SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

RIKE, Florensia Cresentia (2017) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Hukum Newton Pada Siswa Kelas X MIA Semester Ganjil SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan salah satu jenis pendekatan dalam proses pembelajaran di mana pembelajaran yang banyak dicampuri oleh guru. Guru banyak mengarahkan dan memberikan petun-juk ke pada peserta didik baik lewat prosedur yang lengkap dan pertanyaan-pertanyaan pengarahan selama proses inkuiri. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimb-ing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018?. Secara spesifik permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru da-lam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri ter-bimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Secara terperinci tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsi-kan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimb-ing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pende-katan inkuiri terbimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Ku-pang Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendeka-tan inkuiri terbimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembela-jaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas X MIA semester ganjil SMA Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018 yang ber-jumlah 20 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah: lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, tes hasil belajar (THB) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Ne-geri 10 Kupang yang berjumlah 20 orang adalah optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yangg meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran adalah terma-suk dalam kategori baik. Indikator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak 11 buah indikator pencapaian kognitif, 7 indikator pencapaian afektif dan 15 indikator pencapaian psikomotor semuanya tuntas. Tes hasil belajar (THB) peserta didik untuk tes hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor semuanya tuntas serta respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: kegiatan pendahuluan, ke-giatan inti, kegiatan penutup, alokasi waktu dan suasana kelas semuanya berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hukum Newton, Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 30 Sep 2020 05:36
Last Modified: 30 Sep 2020 05:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item