Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Swasta Lewolema Pepakkelu Adonara Timur Tahun Ajaran 2017/2018

RYANTOBI, Agustinus K. B. (2017) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Swasta Lewolema Pepakkelu Adonara Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya antusias dari siswa yang tidak memperhatikanpenjelasan dari guru,sehingga tidak ada umpan balik dari siswa dengan guru yang akan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Salah satusolusi yang di tawarkan untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah Model pembelajaran kooperatif melalui tipe Numbered Heads Together. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerjasama di mana siswa belajar dalam kelompokkelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Swasta Lewolema Pepakkelu Adonara Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi,Tes dan Dokumentasi. Waktu penelitian bulan Agustus 2017, di sekolah SMP Swasta Lewolema Pepakkelu Adonara Timurdengan jumlah siswa 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data hasil observasi, Analisis data hasil tes, Analisis Ketuntasan , dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Statistik Deskriptif Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa rerata ketuntasan individu hasil belajar siswa mencapai rata-rata 85,5%, dan secara klasikal semua siswa dikatakan tuntas karena tingkat ketuntasannya mencapai rata-rata 100%. Ketuntasan indikator hasil belajar berada pada kisaran0,90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIpada materi pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Swasta Lewolema Pepakkelu Adonara Timur Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Heads Together, dan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:13
Last Modified: 24 Sep 2020 01:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item