Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Fluida Statis Pada Peserta Didik Kelas Xi Mia 4 Sma Negeri 7 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

TARA, Heribertus (2018) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Fluida Statis Pada Peserta Didik Kelas Xi Mia 4 Sma Negeri 7 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
File BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
File Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File Bab III.pdf

Download (801kB)
[img] Text
File Bab IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text
File Bab V.pdf

Download (191kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan salah satu jenis pendekatan dalam proses pembelajaran yang terpaku kepada peserta didik. Dimana dalam pendekatan ini peserta didik secara tidak langsung dilatih untuk menemukan sendiri jawaban atau solusi atas masalah yang dipertanyakan dibawah bimbingan yang tepat dari guru. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok fluida statis pada peserta didik kelas XI MIA4 semester ganjil SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok fluida statis pada peserta didik kelas XI MIA4 SMA Negeri 7 Kupang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas XI MIA4 semester ganjil SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 orang. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah: lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, tes hasil belajar (THB) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk materi pokok f luida stat is pada peserta didik kelas XI MIA4SMA SMA Negeri 7 Kupang yang berjumlah 36 orang adalah optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yangg meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak 11 buah indicator pencapaian produk, 9 indikator pencapaian proses, 6 indikator pencapaian afektif dan 4 indikator pencapaian psikomotor semuanya tuntas. Hasil belajar (HB) peserta didik untuk tes hasil belajar produk, proses, afektif dan psikomotor semuanya tuntas serta respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, pengelolaan waktu dan suasana kelas semuanya berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inkuiri terbimbing, Fluida Statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 30 Sep 2020 05:46
Last Modified: 30 Sep 2020 05:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item