Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik KelasVIIIA Semester Ganjil SMP Negeri 11 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

KENAT, Yabner Ismael (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik KelasVIIIA Semester Ganjil SMP Negeri 11 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIE Semester Ganjil SMP N 11 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara terperinci tujuan yang ingin dicapai adalah 1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2) mendeskrispsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 3) mendeskripsikan ketuntasan indicator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 4) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 5) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIIE semester ganjil SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 peserta didik. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest dan post tes design. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dan pembahasan hasil penelitian, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIE semester ganjil SMP Negeri 11 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 peserta didik adalah optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran semuanya berada pada kategori baik. Keterampilan kooperatif peserta didik meliputi: berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, bertanya/menjawab, dan mendengarkan dengan aktif, secara umum dan rata-rata berada pada batasan efektivitas yang ditetapkan.Indikator hasil belajar (IHB) kognitif, afektif, dan psikomor semuanya tuntas. Ketuntasan hasil belajar peserta didik untuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotor semuanya tuntas. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang mencakup lima aspek pada umumnya sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model, STAD, Peasawat Sederhana.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 03 Oct 2020 02:17
Last Modified: 03 Oct 2020 02:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item