Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Di SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MAKU, Hendrika (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Di SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)

Abstract

Permasalahan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan daya serap peserta didik rendah, kurangnya motivasi dan kemauan belajar dari dalam diri peserta didik dan juga daya dukung seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai. Upaya yang dilakukan pendidik untuk mengatasi masalah terkait hasil belajar dengan adanya daya dukung yang memadai dan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning tehadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 9 Kupang pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain penelitian pra-test-pasca-test dengan kelompok pengendali tidak di acak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah tes dengan menerapkan model discovery learning nilai F hitung yaitu sebesar 16.784 dengan nilai signifikan 0.000 atau lebih kecil dari 0.05. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis Ho ditolak artinya bahwa tidak ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan di SMPN 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dan hipotesis penelitian Ha diterima. Artinya bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan di SMPN 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 9 Kupang pada materi pokok struktur dan fungsi tumbuhan tahun ajaran 2018/2019. Dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:14
Last Modified: 06 Oct 2020 01:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3219

Actions (login required)

View Item View Item