Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Sunlight Pada Hypermart Lippo Plaza Kupang

KRISLAYANTO, Freya J.M (2018) Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Sunlight Pada Hypermart Lippo Plaza Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK DAN LEMBARAN PENGESAHAN.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)

Abstract

Hypermart Lippo Plaza Kupang merupakan salah satu supermarket yang berada di Kota Kupang. Walaupun berbagai macam strategi telah dilakukan untuk menarik minat konsumen, namun Hypermart Lippo belum menjadi market leader dari seluruh supermarket yang ada di Kota Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang potongan harga, paket bonus, tampilan produk dan gambaran keputusan pembelian produk sabun cuci Sunlight pada Hypermart Lippo Plaza Kupang? 2) Apakah potongan harga, paket bonus, dan tampilan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keputusan pembelian produk sabun cuci piring Sunlight pada Hypermart Lippo Plaza Kupang? 3) Apakah potongan harga, paket bonus, dan tampilan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keputusan pembelian produk sabun cuci piring Sunlight pada Hypermart Lippo Plaza Kupang?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung di Hypermart Lippo Plaza Kupang, dan jumlahnya tidak diketahui. Sampel ditentukan sebanyak 110 orang dengan teknik pengambilan sampel secara accidential. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran kategori variabel potongan harga 84,16% dalam kategori tinggi, variabel paket bonus 81,9% dalam kategori tinggi, variabel tampilan produk 81,13% kategori tinggi dan variabel keputusan pembelian 80,93% dalam kategori tinggi. Berdasarkan analsis regresi linear berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y= 0,588X1 + 0,200X2 +0,233X3. Hasil uji t menunjukkan variabel potongan harga thitung sebesar 7,551 signifikannsi 0,000, paket bonus thitung 2,688 signifikansi 0,008, dan tampilan produk thitung 3,155 signifikansi 0,002 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil uji Fhitung sebesar 26.831 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari tingkat alfa yang digunakan , yaitu 0,05(5%) menunjukkan variabel independen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Hasill koefisien determinasi = 0,432 atau 43,2% dimana keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel potongan harga, paket bonus dan tampilan produk, sedangkan sisanya yaitu 56,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis tersebut, disarankan agar Hypermart Lippo Plaza meningkatkan strategi penjualan yang tepat, sehingga dapat meningkatkan penjualan dalam perusahaan khususnya produk sunlight agar tidak terjadi over stock (kelebihan stok).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Potongan Harga, Paket Bonus, Tampilan produk, dan Keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:59
Last Modified: 14 Oct 2019 03:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item