Pengaruh Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hukum Newton Dengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas X MIA SMA Seminari Santu Rafael Oepoi Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

FAOFETO, Adrianus (2018) Pengaruh Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hukum Newton Dengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas X MIA SMA Seminari Santu Rafael Oepoi Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)

Abstract

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi dunia nyata sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, dengan melibatkan tujuh komponen utama pendekatan kontekstual. Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, metode ataupun produk baru yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi, suksesi, diskontinuitas dan diferensiasi yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk pemecahan suatu masalah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah “(1) Bagaimanakah efektivitas pembelajaran dengan menerapan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik Kelas X MIA SMA Seminari Santu Rafael Oepoi Kupang?” Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA? (b) Bagaimanakah ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA? (c) Bagaimanakah ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA? (2) Bagaimana Kreativitas peserta didik dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA? (3) Bagaimana pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA. Tujuan penelitian ini adalah “(1) Mendeskripsikan efektivitas kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA SMA Seminari Santu Rafael Oepoi Kupang?” Secara terperinci tujuan dalam penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA, (b) Mendeskripsikan Ketuntasan Indikator dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA, (c) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA, (2) Mendeskripsikan kreativitas peserta didik dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA, (3) Mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapankan pendekatan kontekstual pada materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas X MIA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian asosiatif. Populai dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Seminari Santu Rafael Oepoi Kupang, diamabil dengan metode Purposive Sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kretivitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik dilihat dari besar sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, dan Hukum Newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:17
Last Modified: 06 Oct 2020 01:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item