Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Sumber Energi Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

KARIMALEY, Riska Ler Meida (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Sumber Energi Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)

Abstract

Masalah dalam proses pembelajaran IPA yaitu peserta didik kurang dilatih untuk menemukan sendiri materi pembelajarannya dan selalu bergantung sepenuhhnya pada guru, akibatnya peserta didik lebih memahami konsep IPA dengan cara menghafal. Hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik rendah. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model saintifik yang dapat merangsang motivasi peserta didik untuk memahami konsep-konsep dan ide-ide IPA dengan baik. Model pembelajaran ini salah satunya adalah model Discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu di wilayah berbeda menyatakan bahwa Discovery dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan daya dukung yang memadahi. Namun di beberapa sekolah dalam lingkup wilayah propinsi NTT memiliki ketersediaan daya dukung pembelajaran yang terbatas. Sehingga dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada meteri sumber energi di SMP Negeri 1 Kupang. Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kupang dan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VII I dan kelas VII J. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimen dengan desain penelitian Non equivalent Pretest-Posttest Control Group. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan test. Analisis data adalah melalui statistik deskriptif untuk menganalisis kemampuan guru dan aktivitas peserta didik dan inferensial untuk menguji hipotesisi menggunakan uji Anacova dengan bantuan SPSS for Windows versi 20.0 dengan taraf signifikan 5% (0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 35.78 dan posttest 81.71 dengan N-gain 0,73. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest 37.65 dan posttest 63.28 dengan N-gain 0,40. Hasil uji Anacova menunjukkan probabilitas (sig.) 0.00 ≤ 0.05. ini berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatife (Ha) diterima. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penerapan model Discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi sumber energi di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery learning, Hasil belajar peserta didik, Sumber Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:20
Last Modified: 06 Oct 2020 01:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item