Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pengukuran Pada Peserta Didik Kelas X Mipa Sma Negeri 6 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

KIAN, Hendrika Pulo (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pengukuran Pada Peserta Didik Kelas X Mipa Sma Negeri 6 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)

Abstract

Motivas belajar merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar, yang berasal dalam diri peserta didik. Prestasi belajar adalah nilai yang diberikan oleh guru kepada peserta didik dalam jangka waktu tertentu. Motivasi belajar adalah Suatu perubahan tenaga di dalam diri seseorang (pribadi) yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.Model pembelajaran discovery learning adalah suatu model pembelajaran yang lebih menekanan kepada peserta didik untuk menemukan dan memecahkan masalah sendiri. Rumusa masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaiman gambaran motivasi belajar peserta didik dengan menerapakan model pembelajaran discovery learning materi pokok pengukuran peserta didik kelas X MIPA SMA N 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. 2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik dengan menerapakan model pembelajaran discovery learning materi pokok pengukuran peserta didik kelas X MIPA SMA N 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. 3) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan menerapkan model Discovery Learning pada materi pengukuran peseta didik Kelas X MIPA SMA Negri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik dengan menerapakan model pembelajaran discovery learning materi pokok pengukuran peserta didik kelas X MIPA SMA N 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik dengan menerapakan model pembelajaran discovery learning materi pokok pengukuran peserta didik kelas X MIPA SMA N 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning pada materi pengukuran peseta didik Kelas X MIPA SMA Negri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekspritif dan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kupang, yang menjadi sampel adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA N 6 Kupang, yang diambil dengan metode random sampling. Hasil penelitia menunjukan bahwa: 1) motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 6 Kupang pada kategori motivasi belajar tinggi dengan rata-rata perolehhan skor 83. 2) prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pengukuran dikatakan sangat baik dengan rata-rata perolehan 80 . 3) ada pengaruh antara motivasi belajjar terhadap prestasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pegukuran pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang dan nilai sig. 0,000 dan persamaan regresi sederhananya adalah dan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 46,5 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pengukuran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:22
Last Modified: 06 Oct 2020 01:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item