Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMPK Sta. Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

INNA, Sisilia Lolo (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMPK Sta. Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik, baik yang menyangkut aspek kognitif,afektif dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Biologi dan diskusi dengan beberapa guru kelas lainnya, diketahui dalam pembelajaran Biologi siswa SMP kelas VIII di SMPK Sta. Familia Sikumana mengalami kesulitan belajar yaitu peserta didik cenderung pasif, kurang percaya diri dalam bertanya atau memberikan pendapat dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran sehingga peserta didik menjadi kurang optimal dalam mengembangkan keterampilan berpikir. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan ini adalah dengan menggunakan penerapan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK Sta. Familia Sikumana Kupang tahun ajaran 2018/2019”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitiannya non equivalent pretest-postets control grup design. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Problem Based Learning yaitu dari 42,82 naik menjadi 82,60 sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 39,78. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung yaitu dari 38,04 naik menjadi 73,26 peningkatan nilai sebesar 35,22. Selanjutnya data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik anacova satu arah (one way-anacova) dengan bantuan SPSS versi 16,0. Dari data hasil analisis di atas ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini di lihat dari nilai signifikan 0,001< dari nilai signifikan yang telah ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian H1 yang menyatakan bahwa “ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK Sta. Familia Sikumana Kupang pada materi pokok sistem gerak pada manusia tahun ajaran 2018/2019 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK Sta. Familia Sikumana Kupang tahun ajaran 2018/2019, dan ada perbedaan nilai hasil belajar antar dua kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 Sep 2020 05:24
Last Modified: 24 Sep 2020 05:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item