Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas Vii E Smpn 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

NAHAK, Maria Saccaria (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas Vii E Smpn 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
01 ABSTRAK.pdf

Download (877kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah materi pokok Kalor dan Perpindaahannya pada peserta didik kelas VIIE SMPN 1 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Secara terperinci tujuan yang ingin dicapai adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok Kalor dan Perpindahannya Kelas VIIE SMPN 1 Kupang. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah materi pokok Kalor dan Perpindahannya kelas VIIE SMPN 1 Kupang. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok kalor dan perpindahannya Kelas VIIE SMPN 1 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok kalor dan perpindahannya Kelas VIIE SMPN 1 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIIE SMPN 1 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 30 orang dan guru (peneliti). Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest dan post tes design. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dan pembahasan hasil penelitian, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah materi pokok Kalor dan Perpindahannya pada peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 1 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 peserta didik adalah kategori baik. Secara terperinci kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang mencakup: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran semuanya berada pada kategori baik. Ketuntasan indikator hasil belajar (IHB) kognitif, proses, afektif dan psikomotor semuanya tuntas. Ketuntasan hasil belajar peserta didik untuk aspek kognitif, proses, afektif dan psikomotor semuanya tuntas. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang mencakup empat aspek pada umumnya sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model PBL, Hasil Belajar, Kalor dan Perpindahannya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:27
Last Modified: 06 Oct 2020 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item