Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Gaya Dan Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

LINDA, Skolastika (2018) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Gaya Dan Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? Secara terperinci masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Secara terperinci tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. (3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semesterganjil tahun ajaran 2018/2019. (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Observasi, Tes dan Angket. Instrumen yang dalam penelitian ini adalah Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, Tes hasil belajar dan Lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk materi pokok Gaya dan Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIB SMPK Giovanni Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang adalah optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran masing-masing memperoleh skor ratarata yaitu 0,89; 3,91; dan 4,00. Indikator hasil belajar yang disiapkan sebanyak 15 indikator pencapaian kognitif, 8 indikator pencapaian afektif dan 3 indikator pencapaian psikomotor masing-masing memperoleh rata-rata proporsi yaitu 0,89; 0,97; dan 0,98. Hasil belajar peserta didik untuk tes hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor masing-masing memperoleh rata-rata proporsi yaitu 0,88; 0,97; dan 0,98. Persentase respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing untuk masing-masing pernyataan yaitu 98,08%; 99,04%; 99,04%; 99,04%; 99,04%; 99,04%; 97,12%; 96,15; 97,12%; 98,08%; dan 98,08%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Guru, Indikator hasil belajar, Hasil Belajar, Respon Peserta Didik, serta Gaya dan Hukum Newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:30
Last Modified: 06 Oct 2020 01:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

View Item View Item