Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Usaha Dan Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIH SMP Negeri 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

TALAN, Derwana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Usaha Dan Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIH SMP Negeri 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (659kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf

Download (732kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf

Download (898kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (231kB)

Abstract

Pembelajaran discovery learning merupakan pembelajaran yang menghubungkan keterkaitan antar konsep serta mengaplikasikan konsep tersebut dalam penyelasaiaan masalah yang ada. Selanjutnya siswa memilih tugas proyek untuk diselidiki secara mendalam dan kemudian siswa menyiapkan untuk mempresentasikan dan siswa terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga mampu menggunakan proses mentalnya untuk menemukan suatu konsep atau teori yang sedang dipelajari. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran discovery learning materi pokok Usaha dan Pesawat Sederhan pada Peserta didik Kelas VIII H Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar Peserta Didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning? 3) Bagaimana hasil belajar fisika Peserta Didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran discovery learning materi pokok Usaha dan Pesawat Sederhana pada Peserta Didik Kelas VIII H Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesefik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. 2) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII H Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kupang yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengelolaan Pelaksanaan Pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery learning, Tes Hasil Belajar (THB), dan Angket Respon Siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery learning adalah baik, dengan skor rata-rata tiap aspek, yakni perencanaan pembelajaran 3,71, pelaksanaan pembelajaran 3,70, dan evaluasi pembelajaran 3,50. Empat belas indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ≥75% atau ≥0,75% yakni mencapai 0,84 pada tes akhir. Hasil belajar peserta didik semuanya tuntas dengan rata-rata tes awal 0,44 menjadi 0,87 pada tes akhir. Respon terhadap kegiatan pembelajaran sangat baik berada dalam rentang penilaian (81-100%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning, Usaha dan Pesawat Sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 24 Sep 2020 05:31
Last Modified: 24 Sep 2020 05:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item