Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Materi Pokok Hukum Newton Padapeserta Didik Kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui-Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

TANO, Gema Galgani (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Materi Pokok Hukum Newton Padapeserta Didik Kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui-Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)

Abstract

Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (2) Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok Hukum Newton? (3) Bagaimanakah ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI? (4) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI? (5) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada peserta didik kelas VIIIA materi pokok Hukum Newton. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (4) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, data penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah baik untuk materi pokok Hukum Newton pada peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui- Kupang yang berjumlah 28 peserta didik. 1) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang mecakup: perencanaan perangkat pembelajaran, perencanaan evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran adalah termasuk dalam kategori xvii baik dengan skor rata-rata secara berturut-turut adalah: 3,96; 4,00 dan 3,62. 2) Keterampilan kooperatif peserta didik meliputi: berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, mendengarkan dengan aktif dan bertanya atau menjawab secara umum dan skor rata-rata berada pada kriteria batasan evektivitas yang ditetapkan. 3) Indikator Hasil Belajar (produk, afektif dan psikomotor) yang disiapkan sebagian besar tuntas karena proporsi ketuntasan berturut-turut 0,90, 0,77 0,83melebihi kriteria ketuntasan minimal 0,75. 4) Hasil belajar fisika peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui-Kupang pada materi pokok Hukum Newton secara keseluruhan tuntas dan terjadi peningkatan proporsi jawaban benar dari 0,33 menjadi 0,84 sebesar 0,51, sedangkan untuk aspek afektif dan psikomotor keseluruhan tuntas dengan proporsi rata-rata masingmasing 0,90 dan 0,77. 5) Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI diperoleh persentaseyang meliputi lima aspek yakni: kegiatan pendahuluan 94,32% dengan kategori sangat baik, kegiatan inti 94.51% dengan kategori sangat baik, kegiatan penutup 92.89% dengan kategori sangat baik, pengelolaan waktu 91.61% dengan kategori sangat baik dan suasana kelas 92.90% dengan kategori sangat baik. Sehingga total skor rata-rata yang diperoleh dari kelima aspek adalah 93,24% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:32
Last Modified: 06 Oct 2020 02:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item